16 Istilah Jual Beli Online yang Perlu Anda Ketahui 2020

Teknologikhu.Org - Terbilang dengan berkembangnya dunia Internet ini ada banyak memberikan dampak positif terutama pada orang-orang yang mungkin gemar sekali melakukan transaksi. Sekarang ini kita dapat dengan mudah untuk melakukan transaksi hanya dengan bermodalkan Gadget dan koneksi Internet yang terbilang cukup memadai. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak situs website, sosial media dan forum-forum yang bisa kita kunjungi jika ingin menjual atau membeli sebuah barang yang ada di Internet ini.

Jika anda terbilang tertarik memasuki bisnis jual beli atau hanya sekedar ingin membeli barang, anda terbilang wajib untuk mengetahui beberapa istilah penting yang mungkin belum ada pahami. Nah berikut ini ada beberapa istilah yang terbilang penting yang sering kita lihat saat sedang bertransaksi secara Online ini.

Istilah Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui

Istilah Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui
Istilah Jual Beli Online yang Harus Diketahui

1. WTB (Want To Buy)

WTB ini adalah istilah yang terbilang sering digunakan bagi seseorang yang ingin membeli sebuah barang secara online. Disaat menggunakan istilah ini calon pembeli terbilang wajib untuk melengkapi judul dengan barang yang ingin dibeli serta spesifikasinya.

2. WTS (Want To Sell)

WTS ini merupakan istilah kebalikan dari WTB, yang mana seseorang akan menggunakan istilah ini jika ingin menjual suatu barang secara online. Para penjual biasanya akan melengkapi spesifikasi barang yang ingin dijualnya.

3. TT (Tukar Tambah)

TT ini merupakan istilah yang terbilang sering digunakan seseorang yang ingin bertukar tambah pada forum-forum jual beli online. Jika menggunakan istilah ini, sebaiknya sertakan kekurangan dan kelebihan dari barang yang ingin di tukar tambah.

4. Rekber (Rekening Bersama)

Rekber ini adalah istilah yang mungkin sering digunakan jika calon pembeli terbilang takut tertipu pada saat ingin membeli barang. Rekber disini juga membutuhkan perantara yang sudah terpercaya agar supaya nyaman, aman dan saling percaya disaat melakukan transaksi.

5. Mahar (Matok Harga)

Mahar ini merupakan istilah yang mungkin biasa digunakan oleh para penjual barang yang memasang harga pertama untuk barang yang ingin dijualnya.

6. ORI (Original)

ORI ini adalah suatu istilah yang sering dituliskan oleh para penjual untuk meyakinkan calon pembeli bahwasannya barang yang ingin dijualnya ialah asli atau original.

7. CLBK (Chat Lama Beli Kaga)

CLBK ini merupakan sebuah istilah yang biasanya digunakan oleh para penjual untuk menyindir orang-orang yang biasanya terbilang hoby nanya saja namun tidak membeli barang yang sedang dijualnya.

8. SS (Screenshot/Surat-Surat)

SS ini adalah suatu istilah yang terbilang sering disertakan juga pada jual beli di sosial media, yang mana para penjual biasanya akan menyertakan Screenshot akun yang ingin dijual. Sedangkan untuk jual beli barang SS ialah singkatan dari Surat-surat yang terdapat lengkap atau tidak nya.

9. COD (Cash Of Delivery)

COD ini merupakan istilah untuk melakukan suatu pertemuan antara penjual dan calon pembeli sesuai tempat yang sudah disepakati bersama. Hal ini biasanya dilakukan jika calon pembeli terbilang kurang mempercayai penjual barang yang ingin dibelinya.

10. BT (Barter)

BT ini adalah istilah yang mungkin biasannya disertakan jika pemilik barang ingin menukarkan barangnya. Dan hampir sama dengan Tukar Tambah, namun tetapi dalam barter ini terbilang tidak ada tambahan biaya dari pihak manapun.

11. TS (Thread Starter)

TS ini merupakan sebuah istilah yang terbilang sering dipakai untuk memanggil penjual barang, secara sederhana TS adalah seorang penjual dalam transaksi belanja online.

12. BNIB (Brand New In Box)

BNIB ini adalah istilah yang mungkin sering digunakan saat barang baru dibuka dari kotak atau kemasan aslinya. Tujuan dari istilah ini digunakan agar supaya calon pembeli terbilang percaya jika barang yang ingin dibeli adalah barang baru.

13. DP (Down Payment)

DP ini merupakan istilah yang kita ketahui sebagai uang muka yang digunakan untuk memastikan bahwasannya barang tersebut akan benar-benar dibeli. Jumlahnya juga terbilang cukup beragam, namun tetapi DP ini biasanya berkisaran sekitaran 25 persen hingga sampai 50 persen dari harga barang.

14. PO (Pre-Order)

PO ini biasanya dilakukan dengan cara pembeli akan membayar beberapa persen dari harga jual diawal transaksi. Hal tersebut berarti barang yang ingin di beli, dipesan dahulu lalu penjual akan diberikan DP.

15. PM (Private Message)

PM ini adalah istilah yang mungkin cukup familiar, yang mana para pembeli dapat mengirim pesan langsung ke penjual jika ingin bertanya mengenai barang yang sedang dijualnya.

16. NET (No Nego)

NET ini merupakan istilah yang berarti barang yang ingin dijual terbilang tidak dapat ditawarkan lagi untuk harganya. Jadi, kalau menemukan istilah ini pada judul jual beli enggak usah coba di tawar lagi daripada malu-maluin kan.

Nah itulah beberapa istilah yang mungkin penting yang wajib untuk anda ketahui jika ingin menjual atau membeli barang secara online. Itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat memberikan suatu informasi yang bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "16 Istilah Jual Beli Online yang Perlu Anda Ketahui 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel