7 Fitur yang Tersembunyi di Google Maps 2020

Teknologikhu.Org - Menggunakan google maps sebagai pemandu arah tujuan agar tidak tersesat saat berada ditempat asing adalah hal yang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Apalagi google maps menyediakan review dan rating dari lokasi yang ingin didatangi. Namun nyatanya, masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa google maps memiliki banyak fitur-fitur berguna lainnya yang patut diketahui dan dicoba. Berikut ulasan mengenai beberapa fitur lain yang ditawarkan google maps.

Fitur yang tersembunyi dari Google Maps

Fitur yang Tersembunyi di Google Maps
Fitur yang Tersembunyi di Google Maps

1. Menyimpan tempat yang ingin dikunjungi

Ketika pergi traveling ke luar negeri menjadi sebuah impian tapi belum juga terlaksana, namun sudah ingin membuat daftar tempat-tempat menarik yang ada disana untuk dikunjungi suatu waktu nanti? Jangan khawatir, sebelum lupa langsung buat daftarnya di google maps. Caranya mudah, cukup pilih tempat yang ingin disimpan lalu pilih simpan dan letakkan di daftar. Bahkan, daftar tersebut bisa diatur agar menjadi publik atau pribadi untuk diri sendiri.

2. Doc Brown

Ada sebuah fitur yang dapat membantu untuk melihat perubahan tempat dari waktu ke waktu bernama Doc Brown. Menggunakan fitur ini di google maps, seolah melihat kembali kemasa lalu tempat tersebut. Cara menggunakannya adalah dengan menaruh pegman (ikon berbentuk orang berwarna kuning) ketempat yang anda inginkan untuk melakukan Street View seperti biasa kemudian, tekan Street View disebelah kiri atas. Akan ada slider untuk menggeser tahun demi tahun. Dan kemudian, akan terlihat foto-foto perubahan dari tahun ke tahun yang akan tampak di foto kecil disebelah kiri atas.

3. Linimasa

Ketika membutuhkan riwayat perjalanan setiap harinya, aktifkan terlebih dahulu Linimasa di tap menu bagian kiri atas lalu, pilih Linimasa kemudian pilih setelan dan privasi lalu aktifkan lokasi. Fitur ini akan dengan lengkap menunjukkan riwayat perjalanan yang telah dilalui lengkap dengan waktu yang ditempuh dan menggunakan kendaraan jenis apa, berapa tempat yang sudah dikunjungi, bahkan lokasi apa saja yang telah dikunjungi. Untuk melihat riwayat perjalanan yang telah ditempuh, buka google maps, pilih menu dan buka Linimasa.

4. Jelajahi Sekitar

Saat berkunjung ditempat yang asing dan tidak tahu harus kemana, gunakan fitur Jelajahi Sekitar yang akan membantu memberikan rekomendasi terbanyak dan terbaik disekitar dari google maps. Fitur ini akan membantu menemukan banyak tempat penting seperti Mesjid, ATM, restoran, kafe, hotel, SPBU, dan lainnya. Jelajahi sekitar terbilang lengkap dengan cukup pencarian satu kategori tapi akan muncul banyak rekomendasi dari google maps lengkap dengan rating, jarak, jumlah review, jam buka dan tutup, juga kecocokan dengan apa yang dicari.

5. Local Guide

Bagi yang suka bepergian atau traveling keberbagai tempat, cobalah untuk mencoba menjadi Local Guide. Caranya, tulis review tempat yang sudah dikunjungi, memberi rating, menambahkan video atau foto, mengedit lokasi, bahkan menjawab pertanyaan dari sesama Local Guide. Jangan lupa akan ada reward didapatkan saat menjadi Local Guide. Kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan sebagai Local Guide akan diberi poin dan poin inilah yang akan membantu kenaikan level dari 1-10. Jika level semakin bertambah tinggi maka, perks yang akan diterima semakin banyak.

6. Berbagi lokasi secara real time

Ingin berbagi lokasi dengan orang lain melalui google maps? Caranya cukup mudah, buka aplikasi google maps, lalu pilih menu dan klik berbagi lokasi. Kemudian pilih orang yang diinginkan berdasarkan alamat email. Bahkan tersedia waktu untuk berbagi lokasi yang tersedia mulai dari 15 menit sampai dengan 3 hari. Pastikan orang yang akan menerima berbagi lokasi sudah memasang aplikasi google maps. Ketika berbagi lokasi akan memudahkan untuk mengetahui pergerakan dan lokasi orang tersebut di peta. Jika sudah selesai atau tidak diperlukan lagi, orang tersebut dapat dihapus dari daftar.

7. Kalibrasi kompas

Terkadang google maps bisa saja membuat seseorang menjadi tersesat. Tapi, hal itu tidak menjadi kesalahan sepenuhnya oleh google maps. Dan sangat jarang terjadi. Terkadang hal itu juga disebabkan karena kompas bawaan dari smartphone yang bermasalah. Jika sampai hal itu terjadi, langkah awal yang harus dilakukan adalah, buka google maps lalu ketuk bola berwarna biru yang menunjukkan lokasi. Kemudian pilih kalibrasikan kompas dibagian kiri bawah. Setelah itu, gerakan smartphone dengan angka 8 sebanyak 3 kali. Dengan begitu akurasi kompas kembali tepat dan tidak akan membuat tersesat.

Sudah tahu ternyata ada fitur menarik dan sangat berguna di google maps bukan? bahkan ada sebagian orang yang mungkin sudah tahu dan sudah menerapkannya untuk berbagai tujuan kebutuhan. Dan anda, tunggu apalagi? Nikmati fitur-fitur tersembunyi dari google maps dan dapatkan manfaatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "7 Fitur yang Tersembunyi di Google Maps 2020"