8 Cara Mengatasi Kamera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka 2020

Teknologikhu.Org - Seperti yang diketahui bahwasannya pada era modern seperti sekarang ini, hampir semua orang membutuhkan teknologi untuk membantu kegiatan sehari-hari. Smartphone ini merupakan salah satu teknologi modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sekarang ini. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan smartphone. Memotret atau merekam video merupakan salah satunya, terbilang tidak perlu lagi untuk membawa kamera khusus untuk sekedar berfoto atau membuat video. Hanya dengan smartphone Android anda sudah bisa melakukannya dengan mudah.

Namun tetapi ada beberapa kekurangan yang terdapat pada kamera smartphone yang sering terjadi belakangan ini. Aplikasi kamera terkadang tidak bisa digunakan ataupun dibuka, hal tersebut biasanya terjadi karena ada sebuah kesalahan pada sistem. Untuk mengatasi kamera Android yang error dan tidak bisa dibuka, yuk mari silahkan simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Camera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Camera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Camera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka

1. Restart Android

Langkah pertama yang wajib anda lakukan jika menemukan error pada aplikasi apapun itu termasuk kamera di Android ialah melakukan restart. Bisa saja telah terjadi suatu hal yang menyebabkan error pada smartphone anda. Dengan mematikan lalu menghidupkan ulang, ada beberapa error biasanya langsung teratasi.

Jika setelah melakukan restart masalah belum teratasi, anda bisa melepas baterai smartphone untuk beberapa menit. Tunggulah paling lama kisaran 5 menit lalu pasang kembali baterai dan hidupkan smartphone.

2. Paksa Berhenti

Jika dengan menggunakan langkah pertama masalah belum teratasi, ada kemungkinan besar error yang dialami cukup serius. Hal ini sering terjadi pada smartphone yang sudah lama dan mempunyai spesifikasi rendah.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa memaksa aplikasi kamera untuk berhenti, lalu menjalankannya kembali seperti biasa. Untuk cara nya terbilang sangatlah mudah, anda hanya perlu masuk ke menu Settings - Aplikasi - Kamera - Paksa Berhenti atau Force Stop.

3. Hapus Data Aplikasi

Menghapus data aplikasi akan membersihkan cache, data aplikasi dan history pada aplikasi kamera. Selain itu settingan aplikasi kamera pada Android anda akan kembali seperti awal, menggunakan cara yang ini tentu saja terbilang sangat ampuh untuk mengatasi error yang telah terjadi.

Sedangkan untuk caranya hampir sama dengan memaksa berhenti aplikasi kamera, bedanya anda hanya perlu scroll ke bawah temukan dan tekan tombol Hapus Data.

4. Check Kapasistas Memory

Terbilang semua aplikasi yang terpasang pada smartphone Android anda akan rentang terhadap error jika kapasistas memory yang sudah penuh. Termasuk aplikasi kamera anda tidak akan bisa dibuka, apalagi untuk memotret atau merekam video.

Hal tersebut dikarenakan setiap aplikasi terbilang membutuhkan sedikit ruang kosong agar supaya bisa berjalan dengan lancar termasuk aplikasi kamera. Maka dari itu sebaiknya hapus file yang tidak diperlukan agar supaya kapasitas memory tidak terlalu penuh.

5. Update Sistem Operasi

Sistem operasi disetiap smartphone yang tidak pernah diupdate terbilang akan mengalami suatu error seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut dikarenakan sistem operasi menjadi tidak stabil dan sering mengalami error.

Lakukanlah update dengan rutin jika sistem operasi pada smartphone anda terdapat update baru. Melakukan hal ini juga bisa memperbaiki segala bug yang pernah terjadi pada sistem operasi sebelumnya.

6. Kembalikan Ke Setelan Pabrik

Jika sudah melakukan update sistem operasi namun tetapi masalah belum juga teratasi, anda juga bisa mengembalikan setelah Android kembali seperti awal beli. Dengan cara ini 99% kemungkinan besar segala suatu bug yang ada pada sistem akan teratasi.

Untuk caranya sangat mudah, anda hanya perlu masuk ke Settings - Sistem - Reset - Reset ke Setelan Pabrik lalu masukkan kata sandi dan tunggu hingga sampai Android nyala kembali.

Catatan: Melakukan cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan pada smartphone tersebut. Sebaiknya backup data-data penting terlebih dahulu jika ingin menerapkan cara ini.

7. Pasang Aplikasi Kamera Tambahan

Pada saat artikel ini dibuat terbilang sudah ada banyak sekali aplikasi kamera tambahan yang bisa anda unduh dan gunakan secara gratis pada Google Playstore. Cara ini merupakan alternatif jika aplikasi kamera tetap tidak bisa dibuka menggunakan semua cara di atas.

Kami menyarankan untuk anda menggunakan aplikasi kemera C360 ataupun aplikasi kamera bawaan dari Instagram karena hasilnya tidak jauh berbeda. Bahkan bisa dikatakan lebih bagus karena dapat langsung melakukan pengeditan pada foto ataupun video yang diambil.

8. Service atau Claim Garansi

Sudah menerapkan semua tutorial di atas namun tetapi aplikasi kamera terbilang tetap tidak bisa dibuka? ini menandakan bahwa suatu komponen kamera pada smartphone anda telah rusak. Anda harus memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

Jika tidak mempunyai pengalaman membongkar smartphone, sebaiknya bawakan ke service center terdekat. Kalau masih ada garansi jangan ragu untuk meng-claimnya agar supaya tidak terkena tambahan biaya service.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi aplikasi kamera Android yang terbilang error dan tidak bisa dibuka. Demikianlah informasi yang dapat diberitahukan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Kamera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel