Friday, March 6, 2020

5 Penyebab Smartphone Error

Penyebab Smartphone Error

Setiap harinya orang-orang menggunakan smartphone untuk berbagai kepentingan. Namun tanpa disadari banyak kebiasaan yang mungkin bagi sebagian orang adalah kebiasaan kecil tapi, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi smartphone yang digunakan. Smartphone bisa saja tiba-tiba menjadi error sehingga dapt mengganggu aktivitas pengguna. Lebih baik mencari tahu apa penyebab errornya daripada harus bingung nantinya menghadapi smartphone error yang tidak diketahui penyebabnya. Padahal mungkin disebabkan oleh kebiasaan yang sering dilakukan akan tetapi tidak disadari. Berikut ini penyebabnya.

1. Tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan

Sebaiknya jangan sering melakukan hal ini. Jika tidak ingin smartphone menjadi error. Meskipun smartphone mahal sekalipun tetap saja jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik pastinya akan error. Aplikasi yang sering dibiarkan terbuka padahal tidak digunakan akan menyulitkan kinerja smartphone. Apalagi ternyata jika smartphone memiliki RAM yang kecil. Sebaiknya segera tutup aplikasi yang tidak digunakan. Agar smartphone tetap berfungsi dengan baik. Sejatinya, apakah itu smartphone mahal atau tidak jika perawatan dan cara menggunakannya sudah tepat dan baik, maka smartphone akan terus tetap tahan lama.

2. Tidak menghapus sampah atau cache

Sering menggunakan smartphone untuk browsing atau hal lain yang berbau internet, umumnya akan menyisakan sampah atau cache. Membiarkan hal ini akan mengakibatkan smartphone manjadi berat dan mengganggu kinerja normalnya. Usahakan untuk tidak memenuhi memori eksternal dengan sampah atau cache. Beri ruang untuk smartphone dengan mereduksi sampah atau cache.

3. Terlalu banyak foto

Hampir semua pengguna smartphone memanfaatkan kamera yang ada untuk urusan foto selfie atau fotografi. Sayangnya jika menyimpan terlalu banyak foto justru akan membuat memori penuh dan menyebabkan smartphone menjadi error. Jika memang mengharuskan untuk memiliki banyak foto, lebih baik gunakan kamera khusus jangan menggunakan kamera smartphone. Dengan begitu, smartphone akan terhindar dari error dan jika menggunakan kamera khusus, jelas hasilnya akan lebih bagus.

4. Banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan

Terkadang ada kebiasaan yang sulit dihindari dan sering sekali terjadi. Yaitu, membuka banyak aplikasi secara sekaligus atau serentak. Hal ini tentu saja akan memicu kinerja smartphone menjadi berlipat dan beresiko terjadinya error. Lebih baik untuk tidak memaksakan membuka banyak aplikasi sekaligus, tapi bukalah satu persatu agar kinerja smartphone berjalan dengan benar dan normal.

5. Kapasitas baterai yang kecil

Hal ini kerap memicu smartphone menjadi error. Karena biasanya pengguna memaksa menonton video atau bermain game padahal baterai smartphone berkapasitas kecil sehingga kemungkinan saat aktivitas itu dijalankan malah error yang terjadi. Jangan memaksa untuk melakukannya di smartphone tapi, cobalah menonton atau bermain game di laptop saja. Karena hal tersebut lebih terjamin keamanannya.

Smartphone akan tahan lama dan tetap berfungsi dengan baik jika benar-benar dipergunakan secara benar dan dirawat dengan baik dari hal-hal yang memungkinkan terjadinya error. Sebaiknya jangan mengabaikan hal-hal sepele karena smartphone sebagus dan semahal apapun tetap akan rusak jika tidak digunakan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : idn times