Apakah Mencabut Alat Listrik Menghemat Pengeluaran?

Mencabut Alat Listrik Dapat Menghemat Pengeluaran

Semua alat eletronik masih menyedot listrik meski sudah dimatikan. Hal ini terjadi karena, kabel yang masih terhubung dengan stop kontak akan terus mengalirkan listrik ke alat elektronik. Sehingga sebutannya adalah vampire power atau vampir daya listrik. Ketika ada salah satu alat elektronik dirumah seperti televisi yang sudah dimatikan, tapi lampu indikator kecil dibawah layar tetap menyala itu menandakan listrik masih terus mengalir kedalamnya. Memang hal tersebut tidak akan merusak alat elektronik namun, mampu menambah biaya listrik menjadi berlipat.

2. Alat elektronik paling boros meski sudah dimatikan

Ternyata ada yang paling boros di antara yang boros meski alat elektronik itu sudah dimatikan. Contohnya semua alat elektronik dengan remote control, televisi, DVD Player, dan AC. Selain itu masih ada lagi seperti, komputer, printer, charger semua jenis smartphone, microwave, kulkas, hingga cofee maker.

3. Berapa banyak listrik yang bisa di hemat?

Mencabut alat elektronik dari stop kontak ternyata mampu mengurangi pengeluaran listrik. Meskipun akan berbeda-beda hasilnya karena setiap rumah memiliki peralatan elektronik yang berbeda pemakaiannya. Namun, sebuah studi menyebutkan bahwa, vampire power mampu menghabiskan 5-25 persen dari pengeluaran listrik tiap bulannya. Dan itu tentu saja bukan jumlah yang sedikit. Jika dapat menghemat, mengapa harus membuang uang dengan percuma?

4. Mencegah konslet

Tidak hanya untuk menghemat pengeluaran listrik setiap bulannya, mencabut alat elektronik dari stop kontak juga akan mencegah bahaya yang tidak di duga seperti konslet. Jika saja, tiba-tiba ada peningkatan arus sehingga menyebabkan arus terputus hal itu akan sangat membahayakan mengingat jika alat elektronik sangat sering tidak di cabut dari stop kontak. Konslet yang terparah bisa menyebabkan kebakaran. Jadi, bersiaga itu sangatlah diperlukan.

5. Menghemat pengeluaran listrik

Cara menghemat listrik untuk mengurangi pengeluaran listrik setiap bulannya.
• Atur suhu kulkas agar tidak terlalu dingin.
• Menggunakan stop kontak dengan saklar on atau off.
• Menggunakan lampu yang memiliki watt kecil.
• Tidak menyetel AC terlalu dingin.
• Menggunakan lampu LED.
• Usahakan untuk tidak memasang AC di ruangan berventilasi udara.
• Memenuhi kulkas dengan makanan untuk menjaga suhu.

Itulah beberapa fakta yang memang harusnya kita patuhi agar tidak hanya menjaga keamanan namun juga menghemat pengeluaran. Banyak sekali manfaat dari membiasakan diri untuk terbiasa mencabut alat listrik dari stop kontak. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan setiap harinya.

Sumber Referensi : idn times

Posting Komentar untuk "Apakah Mencabut Alat Listrik Menghemat Pengeluaran? "