Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Aplikasi Asli

Membedakan Aplikasi Palsu dan Aplikasi Asli

Tidak semua aplikasi yang terdapat di Google Play Store dapat dijamin seratus persen keasliannya. Bahkan kini sudah banyak ditemukan aplikasi palsu yang lebih menjurus ke aplikasi perbankan dan aplikasi belanja online. Aplikasi-aplikasi palsu ini akan sangat merugikan dan berbahaya jika diinstall tapi, mengingat banyak pengguna yang benar-benar membutuhkan aplikasi ini, ada baiknya untuk teliti dan memiliki kemampuan untuk mengetahui aplikasi palsu atau aplikasi asli agar tidak merugikan pengguna. Berikut ini akan dibagikan cara untuk dapat mengenali aplikasi palsu dengan aplikasi asli.

1. Cek siapa pengembang aplikasi

Alangkah baiknya jika pengguna sudah mengantongi siapa pengembang aplikasi yang akan di install. Dengan begitu keaslian dari aplikasi tersebut akan mudah diketahui. Jika masih memiliki keraguan, cobalah memasukkan nama pengembang aplikasi tersebut. Umumnya akan diketahui dengan pasti apakah aplikasi tersebut asli atau palsu.

2.Cek tanggal publikasi

Terlihat sangat sederhana namun bisa dikatakan memiliki pengaruh. Ya, dengan mengecek tanggal publikasi, umumnya aplikasi asli akan segera diketahui. Sederhana saja cara untuk mengeceknya yaitu hanya dengan memastikan sudah terteranya keterangan Updated On. Dengan keterangan tersebut, sudah terbukti bahwa aplikasi tersebut sudah teruji dan berusia cukup lama. Jika aplikasi tersebut palsu, umumnya diketerangan tanggalnya hanya akan ada keterangan Published On yang mengartikan bahwa aplikasi tersebut baru saja di unggah dan belum jelas keasliannya sehingga akan menimbulkan keraguan.

3. Mengecek keaslian aplikasi via situs resmi

Untuk lebih merasa yakin, ada baiknya untuk langsung mengunjungi situs resminya dengan cara mengklik link yang mengusung tautan ke aplikasi resmi baik untuk versi Android atau iOS. Sekedar informasi untuk tidak merasa khawatir karena aplikasi yang ada di situs resmi pastilah asli seratus persen.

4. Bandingkan gaya bahasa aplikasi

Umumnya, gaya bahasa aplikasi asli lebih tertata dan bersifat sangat resmi. Jika ingin menginstall lebih baik juga perhatikan gaya bahasanya. Iika terlihat seperti terjemahan dan terlihat tidak tertata atau berantakan sebaiknya hindari untuk tidak menginstall aplikasi tersebut karena kemungkinan tidak asli alias palsu.

5. Membaca review orang-orang

Ini juga sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan karena cukup sederhana hanya dengan membaca review orang lain terhadap aplikasi yang akan di install. Karena biasanya akan banyak komentar pujian jika memang aplikasi tersebut layak untuk di install dan digunakan. Namun, tidak sedikit juga yang akan marah dan berkata kasar karena merasa tertipu. Sehingga akan mudah untuk dipahami dan di pertimbangkan jika ingin diinstall. Juga rating yang diberikan juga sedikit berpengaruh karena biasanya yang merasa dirugikan tidak akan memberikan rating bukan?.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mencoba mengenali apakah aplikasi yang ingin diinstall itu asli atau palsu. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : idn times

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Aplikasi Asli "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel