Bahan Apakah Yang Paling Terbaik Untuk Bodi Smartphone?

Bahan Yang Paling Terbaik Untuk Bodi Smartphone

Pada umumnya, bahan yang sering digunakan untuk material bodi smartphone adalah plastik, logam, dan kaca. Tiap-tiap bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Material smartphone pun menunjukkan kelas dari smartphone tersebut, sehingga memperlihatkan smartphone tersebut eksklusif atau tidak. Namun, adakah bahan apakah yang menjadi paling baik untuk material bodi smartphone? Berikut ini ulasannya.

1. Bahan logam yang baik dalam menghantarkan panas

Bahan ini juga memberikan kesan premium dan terasa lebih dingin dari smartphone berbahan lain pada umumnya. Dan biasanya, material ini akan dirancang seringan mungkin juga setipis mungkin. Salah satu contoh smartphone yang menggunakan bahan logam sebagai material bodinya adalah Nokia 7 Plus.

2. Bahan logam menyulitkan smartphone dalam mengeluarkan sinyal

Ada saat-saat dimana smartphone berbahan logam tidak akan nyaman digunakan. Jika bekerja terlalu keras smartphone berbahan logam mudah sekali panas dan mudah mengalami pembengkokan jika terkena benturan. Dan frekuensi radio lebih sulit mengirimkan sinyal lewat bahan logam sehingga smartphone bahan ini harus diberi tambahan antena untuk mampu memancarkan sinyal dengan baik.

3. Bahan plastik murah namun kuat dan tangguh

Umumnya smartphone yang terbuat dari bahan plastik memang lebih kuat dalam menjaga dan melindungi bagian dalam dari smartphone. Bahan smartphone yang terbuat dari plastik juga mudah dibentuk dibandingkan dengan bahan smartphone yang terbuat dari logam. Bahan plastik juga mudah dalam menghantarkan sinyal frekuensi dan umumnya selalu memberikan banyak varian warna untuk smartphone yang dipasarkan. Bahan yang terbuat dari plastik juga dapat memangkas harga yang cukup signifikan sehingga smartphone dapat dipasarkan dengan harga yang lebih murah.

4. Bahan plastik memberi kesan tidak berkelas

Kesan mewah dan berkelas tidak akan terlihat dari smartphone berbahan plastik. Selain itu, bahan plastik banyak yang mengalami pelunturan warna yang lambat laun berubah menjadi lebih pucat. Contohnya seperti smartphone Nexus 5 yang mengalaminya setiap kali berada dalam keadaan basah. Tentu saja ada harga yang harus dibayar dari murahnya smartphone berbahan plastik.

5. Bahan kaca yang lebih premium

Smartphone premium saat ini banyak yang menggunakan bahan yang terbuat dari kaca. Terlihat mulus, berkilau, dan nyaman saat digenggam, smartphone yang menggunakan bahan ini pastinya akan terlihat mewah, berkelas, dan mahal. Fitur khusus yang diberikan oleh smartphone dengan bahan kaca ini adalah, wireless charging. Para pengguna smartphone dengan bahan ini bisa melakukan pengisian daya baterai tanpa kabel yang umumnya tidak didapatkan di bahan lain selain kaca. Salah satu contoh smartphone yang menggunakan bahan kaca ialah flagship Samsung Galaxy.

6. Bahan kaca yang lebih rentan pecah

Biasanya hanya pengguna tertentu yang bisa menggunakan smartphone berbahan kaca ini. Bila ada pengguna yang merasa tangannya sering basah dan juga pengguna yang agak ceroboh, berpikirlah berulang kali sebelum memutuskan menggunakan smartphone berbahan kaca. Karena bagi pengguna yang mengalami tangannya sering basah, akan sulit menggenggam smartphone berbahan kaca karena akan licin dan memudahkan smartphone meluncur jatuh. Begitu juga dengan pengguna yang agak ceroboh yang memungkinan menyebabkan smartphone mengalami benturan. Hal ini akan menyebabkan smartphone menjadi retak dan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya.

7. Bahan keramik 

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kaca, bahan smartphone dari keramik juga saat digenggam terasa licin dan mudah pecah. Hanya yang membedakannya dengan bahan kaca ialah, bahan keramik memiliki sisi premium yang lebih tinggi. Dan Samsung Galaxy S10+ yang menggunakan bahan dari keramik menggantikan bahan dari kaca.

8. Bahan baku daur ulang

Ada beberapa perusahan smartphone yang memutuskan untuk menggunakan bahan pembuatan smartphone dari daur ulang dikarenakan protes para pecinta lingkungkan yang mengklaim bahwa sisa dari proses produksi smartphone memberikan banyak limbah dan tidak baik untuk alam. Bahan baku daur ulang tersebut juga berbeda-beda, ada yang dari logam atau plastik. Yang menjadi hal menarik adalah, karena menggunakan bahan baku daur ulang akan jauh lebih baik untuk lingkungan.

Bahan baku atau bahan yang menjadi material sebuah smartphone memang berbeda-beda. Karena semua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ada baiknya pengguna lebih mengutamakan kenyamanan serta kebutuhan daripada hanya tampilan smartphone tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : idn times


Posting Komentar untuk "Bahan Apakah Yang Paling Terbaik Untuk Bodi Smartphone?"