Inovasi Canggih Smartphone Yang Gagal Menjadi Tren

Inovasi Smartphone Yang Gagal Menjadi Tren

Setiap waktu berbagai vendor melakukan bermacam-macam strategi untuk menarik minat konsumen dan bersaing di pasar smartphone dalam berbagai kategori. Banyak inovasi yang bermunculan demi mewujudkan smartphone yang nantinya di harapkan akan mudah menjadi tren. Namun, tidak semua inovasi yang di ciptakan akan menuai keberhasilan. Ada yang berhasil dan menjadi tren tapi, ada juga yang malah sebaliknya. Berikut ini akan di bahas mengenai inovasi smartphone yang gagal menjadi tren di masa kini beserta penyebabnya.

1. Cover kulit dan keramik

LG yang merupakan perusahaan asal Korea merilis flagship bernama LG G4 pada tahun 2015. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang sangat baik dan memilki cover belakang yang unik dengan dua varian cover kulit dan keramik. Tentunya di masanya smartphone ini menjadi pusat perhatian dengan cover kulit yang terbuat dari kulit sapi, yang memiliki ketahanan yang cukup lama. Dan hal itu juga berlaku dengan cover keramiknya. Sudah dapat di tebak bahwa kedua varian ini memiliki  harga yang cukup tinggi. Namun, setiap inovasi tidak selamanya akan berhasil di pasaran dan menjadi tren. Inovasi ini hanya bertahan pada seri LG G4 saja dan cover berbahan keramik kemudian di lanjutkan oleh vendor Xiaomi dengan Mi5 dan Mi Mix atau Esensial Phone. Tapi, sayangnya dengan jumlahnya yang hanya sedikit dan terbatas, smartphone ini tidak mampu menjadi tren.

2.Camera Optical Zoom

Pada tahun 2013, samsung merilis smartphone bernama Samsung Galaxy S4 Zoom yang memiliki kemampuan kamera 10 kali optical zoom. Samsung bertujuan menggabungkan kamera pocket dan smartphone android. Meski sempat mencuri perhatian namun inovasi ini tidak berumur panjang. Dan nasib yang sama pun harus di terima oleh Samsung K Zoom dan Asus yang melanjutkan inovasi tersebut. Hal itu di sebabkan oleh mekanisme dan biaya produksi yang kurang efektif, bahkan hasil kameranya masih belum mampu melampaui Nokia Lumia 1020 yang memiliki mekanisme konvensional dan mampu memberikan hasil yang lebih baik. Kemungkinan hal tersebut juga terjadi karena software yang masih belum optimal.

3. Smartphone Modular

Kembali lagi berinovasi kali ini LG merilis smartphone modular pertama di dunia yaitu, LG G5. Memberikan opsi yang menarik yaitu, baterai yang bisa di lepas pasang, memasang grip kamera, dan Audio HiFi yang menghasilkan suara yang menggelegar. Meski konsepnya menarik dan di klaim oleh LG sebagai jalur masa depan tapi, kenyataannya konsep ini tidak di terima dengan baik di pasaran. Konsep modular ini kemudian di lanjutkan oleh vendor lain yakni, Motorola MotoZ dengan perkembangan yang juga tidak terlalu signifikan.

4. Kamera depan dan sensor berada di bagian bawah layar

Vendor asal Jepang yaitu, Sharp merilis Aquos Crystal sebagai smartphone pertama yang dengan bezel yang sangat tipis tanpa adanya poni sedikitpun. Bezel tipis tersebut terletak pada bagian atas saja karena bagian bawahnya masih memiliki bezel yang tebal. Sedangkan bagian sensor yang biasanya terletak di bezel bagian atas seperti, kamera depan, earpiece, proximiti, dan ambien sensor di Aquos Crystal ini terletak pada bagian bawah layar. Terbilang cukup berani dalam berinovasi namun, tetap saja konsep ini tidak begitu di terima di pasaran. Terbukti dari perkembangannya yang tidak dilanjutkan dan konsep ini tidak menjadi tren.

5. Kamera Dual Apperture

Samsung merilis smartphone Galaxy S9 Series yang memiliki kamera dengan kemampuan dual apperture yaitu, 1.5 dan 2.4. samsung juga mengklaim akan mendapatkan hasil foto yang cukup baik di segala kondisi cahaya. Meski terbukti hasilnya memang cukup bagus namun tidak menjadi yang paling bagus. Tetap saja Samsung Galaxy S9 bisa dikategorikan gagal menjadi tren walaupun sudah memenuhi standart flagship.

Itulah beberapa inovasi canggih yang awal penciptaannya bertujuan akan sukses dan laku keras di pasaran. Namun tetap saja tren hanya bisa di jawab seiring berjalannya waktu. sehingga 5 inovasi ini berhasil di tunjukkan oleh waktu, bahwa ia gagal menjadi tren dan kurang di minati di pasaran. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : idn times

Posting Komentar untuk "Inovasi Canggih Smartphone Yang Gagal Menjadi Tren"