Cara Mengembalikan Sinyal 4G Yang Hilang

Mengembalikan Sinyal 4G Yang Hilang

Memiliki smartphone canggih dengan tipe terbaru tidaklah cukup jika tidak di imbangi dengan sinyal yang kuat. Untuk berkegiatan seperti streaming atau browsing memang di butuhkan sinyal yang cukup kuat sehingga mau tidak mau sinyal harus dalam posisi 4G agar terasa lancar dan menyenangkan saat digunakan. Namun, sinyal 4G sering sekali mendadak hilang dan berganti menjadi H atau bahkan E hal itu dikarenakan sinyal tidak bisa di kontrol sesuai dengan keinginan. Tapi, ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengembalikan sinyal 4G yang mendadak hilang berikut caranya.

1. Restart smartphone

Sebelum melakukan hal-hal lainnya, refresh terlebih dahulu jaringan dengan merestart smartphone. Jika belum berhasil, coba pindahkan jaringan ke mode pesawat untuk beberapa saat. Atau bisa juga  dengan merefresh jaringan dengan memindahkan pengaturan koneksi ke 3G terlebih dahulu.

2. Mengunduh aplikasi penguat sinyal

Saat pergi ke tempat yang jaringannya sedikit sulit lebih praktis dan mudah untuk mengunduh aplikasi penguat sinyal. Aplikasi yang tersedia di Play Store ini bisa membantu menentukan jangkauan sinyal 4G pada titik tertentu.

3. Mengubah pengaturan lokasi

Ternyata cara ini tergolong cukup efektif meskipun tidak berlaku pada semua smartphone. Ubahlah dengan cara masuk ke Setting lalu pilih Additional Setting pilih Local kemudian, ubah lokasi Indonesia menjadi Singapura, Malaysia atau Bangkok. Hidupkan mode pesawat selama beberapa saat lalu restart smartphone, matikan mode pesawat lalu tunggu hingga sinyal kembali muncul secara otomatis.

4. Melakukan dial up internet

Tidak berlaku pada semua smartphone dan kartu tapi cara ini patut di coba. Dengan mematikan smartphone selama beberapa saat lalu laukakan dial up dengan cara, ketik *#*#4636#*#* di papan tombol telepon lalu masuk ke menu Setting dan ubah pengaturan sim card kemudian pilih dan ubah menu Set Preferred Network Type menjadi LTE only lalu terakhir restart smartphone dan tunggu hingga sinyal 4G muncul.

5. Melakukan fastboot smartphone

Jika semua cara masih belum ampuh, coba lakukan hal ini. Tapi jika keadaan tidak begitu terdesak di sarankan untuk tidak melakukan dengan cara ini, karena di khawatirkan akan ada data yang hilang. Fastboot ini bekerja untuk mengembalikan ROM kembali seperti saat smartphone pertama kali di beli.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika sinyal 4G mendadak hilang dengan sendirinya. Jika semua cara sudah ditempuh tapi sinyal masih saja hilang maka kemungkinan kesalahan terletak pada sim card. Jadi cobalah cek kembali sim card anda, karena bisa saja ada area tertentu yang memang sulit terjangkau sinyal 4G pada sim card yang biasa anda gunakan. Selamat mencoba dan terima kasih.

Sumber Referensi : hipwee

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Sinyal 4G Yang Hilang"